Oleh Oleh Khas Purbalingga

5+ Oleh-Oleh Khas Purbalingga yang Tak Boleh Ketinggalan

Purbalingga termasuk salah satu kabupaten yang masuk daerah administratif Jawa Tengah. Daerah ini terkenal dengan tempat wisata alam yang sangat terkenal, Baturaden. Bagi Anda yang kebetulan merencanakan atau sedang berkunjung ke daerah ini, jangan lupa beli buah tangan untuk keluarga dan teman. Berikut beberapa oleh-oleh khas Purbalingga yang bisa Anda beli.

1. Getuk Goreng

Belum afdol rasanya jika dari Purbalingga tidak membawa penganan khas yang satu ini. Makanan yang terbuat dari olahan singkong rebus yang ditumbuk dan ditambahkan gula jawa ini memang gurih dan manis. Apalagi sekarang getuk tidak disajikan basah, melainkan getuk goreng, sehingga lebih tahan lama.

2. Kacang Mirasa Asli

Sekilas makanan ini mirip dengan jajanan kacang oven lainnya. Bedanya terletak pada proses pembuatannya. Kacang Mirasa Purbalingga menggunakan kacang kering yang disangrai dengan pasir, sehingga aromanya lebih enak. Ada dua pilihan rasa, asin dan bawang.

3. Kue Manco Wijen

Kue manco wijen ini mirip dengan onde-onde. Keduanya sama-sama berbahan dasar tepung beras ketan yang dibulatkan dan bertabur wijen di luarnya, kemudian digoreng. Sayangnya kue manco wijen ini tengahnya kosong. Untuk memperkuat rasa, bagian luarnya dilapisi dengan gula merah cair.

4. Kacang Umpet

Jajanan ini berupa kacang yang terbalut dalam kulit pangsit manis yang digoreng. Adonan kulitnya sendiri dibuat dari tepung terigu, margarin, dan air. Potongan kulitnya dibuat kecil-kecil sekira mampu untuk menyembunyikan satu buah kacang tanah. Tak lupa ditambah dengan gula saat penggorengan sehingga berasa manis.

5. Nopia dan Mino

Dua jajanan ini termasuk oleh-oleh khas Purbalingga yang menjadi favorit wisatawan. Kue yang berukuran besar disebut nopia, sedangkan yang kecil disebut mino. Kulitnya berbahan dasar tepung terigu, sedangkan isinya terbuat dari campuran gula merah atau gula jawa dan susu. Proses memasaknya sangat tradisional dengan dibakar pada tungku tanah liat dan ditempelkan di dindingnya.

6. Kue Toso

Kue ini memiliki bentuk pipih bundar menyerupai cakram yang dilipat jadi dua. Jajajan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan kacang hijau. Penganan ini memiliki beragam rasa, mulai coklat, kacang, keju, dan bawang. Kue ini memiliki rasa manis dan lezat serta tahan lama.

7. Sambal Knalpot

Bagi Anda pecinta makanan pedas, jangan sampai ketinggalan untuk membeli sambal knalpot khas Purbalingga ini. Keunikan makanan ini adalah bahan bakunya yang berasal dari cabai lokal asli Purbalingga dan tidak menggunakan pengawet. Makanan ini awalnya merupakan inovasi kelompok penggerak PKK.

Itulah beragam oleh-oleh khas Purbalingga yang bisa Anda jadikan referensi membeli buah tangan khas daerah ini untuk para keluarga dan teman. Selain jajanan tersebut, masih ada beberapa makanan khas untuk dibawa pulang, seperti abon sapi cap koki dan permen mint davos.