Tips Liburan di Tengah Pandemi dengan Aman

  • Posted on: November 16, 2020
  • Lokasi: Tips

Selama masa pandemi Covid-19 masyarakat memang dihimbau untuk membatasi interaksi fisik dan sosial dengan di rumah saja. Saking lamanya work/school from home, setelah memasuki era normal baru, banyak yang butuh liburan. Sebelum itu, perhatikan dahulu tips liburan di tengah pandemi berikut ini.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

Agar bisa liburan ke tempat wisata, Anda harus dalam keadaan sehat. Untuk mengetahuinya, lakukanlah tes swab dan pemeriksaan kesehatan umum. Jika Anda mengajak keluarga atau teman, ajaklah mereka untuk melakukan hal yang sama. Jika hasilnya menunjukkan Anda sakit, batalkan rencana dan lakukan isolasi mandiri di rumah.

2. Cari Tahu Destinasi Tujuan Merupakan Zona Aman

Selanjutnya cari tahu apakah destinasi tujuan liburan Anda berada di zona aman. Anda bisa mencari tahu lewat internet. Jika ternyata destinasi tujuan berada di zona oranye, merah atau hitam, batalkan rencana dan alihkan ke tempat yang berzona aman dari penularan virus Covid-19.

3. Teliti Sebelum Reservasi Hotel

Karena pandemi Covid-19 masih melanda, telitilah dalam memilih hotel untuk menginap. Sebelum reservasi, cari tahu apakah hotel tersebut menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran. Anda bisa melihat pada situs web resmi mereka atau melihat feedback pengunjung sebelumnya.

4. Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Tips liburan di tengah pandemi selanjutnya adalah selalu patuhi protokol kesehatan. Meskipun destinasi wisata berada di zona hijau, Anda tetap harus waspada terhadap penularan virus Covid-19. Caranya dengan menjaga jarak, mengenakan masker, dan sering mencuci tangan.

Bahkan, lebih baik lagi jika Anda membawa masker lebih sebagai cadangan. Tak lupa juga membawa hand sanitizer untuk berjaga bila tempat tujuan tidak menyediakan sabun cuci tangan, serta desinfektan. Bahkan lebih baik lagi jika Anda membawa bekal sendiri.

5. Pilih Aktivitas Liburan yang Menghindari Kerumunan

Sebagai upaya menghindari risiko penularan Covid-19, sebaiknya carilah aktivitas liburan yang tidak begitu ramai dikunjungi orang. Misalnya ke tempat obyek wisata pada hari dan jam yang sepi seperti weekday. Atau biar lebih aman, staycation saja di hotel tempat menginap. Biasanya hotel juga menyediakan beragam fasilitas untuk beraktivitas.

Bagi Anda yang bepergian dengan pesawat, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan menerapkan protokol kesehatan. Karena prosesnya lama, datanglah lebih awal ke bandara dari jadwal keberangkatan. Maksimal 2 jam sebelum jadwal.

Bagi Anda yang sudah lanjut usia, apalagi memiliki penyakit tertentu yang masuk kategori parah, sebaiknya urungkan niat untuk pergi liburan. Hal ini juga berlaku bagi muda-mudi dengan penyakit bawaan atau memiliki riwayat penyakit parah. Dengan menerapkan tips liburan di tengah pandemi tersebut, Anda bisa berlibur dengan aman dan nyaman tanpa khawatir tertular Covid-19.