Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Bernuansa Alami

Jogja merupakan salah satu daerah yang diistimewakan di Indonesia, karena pernah menjadi ibu kota negara serta berbentuk kerajaan. Wisatawan yang ke Jogja seringnya berwisata sejarah dan budaya. Jika bosan, Anda bisa mencoba mengunjungi rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bernuansa alami berikut.

1. Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun ini berlokasi di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul. Tempatnya dikelilingi oleh hamparan sawah dan terdiri atas 6 sumber mata air. Untuk sampai lokasi, Anda harus melakukan trekking. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan sawah yang hijau-hijau.

2. Curug Luweng Sampang

Bisa dibilang curug Luweng Sampang ini merupakan Antelope Canyon punya Jogja. Lokasinya berada di Dusun Mongkrong, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul. Tempat ini memiliki ciri khas berupa garis horizontal pada dinding batunya serta warna dasarnya yang hijau kecokelatan.

3. Bukit Parang Endog

Tempat ini berada di ujung timur pantai Parangtritis. Tepatnya berlokasi di Parang Reja, Girijati, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul. Jika ke sini, jangan lupa untuk mencoba paralayang. Jika takut, Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam bersama orang terkasih.

4. Pemandian Tirta Budi

Rekomendasi tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah tempat pemandian alam yang menyerupai Blue Lagoon. Wisata ini berlokasi di Desa Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman. Anda bisa berenang di air jernih yang berwarna kebiruan. Apalagi lokasinya berada di tengah-tengah rimbunnya pepohonan, sehingga semakin membuat rileks.

5. Puncak Becici

Selanjutnya ada puncak Becici yang lokasinya di Jalan Imogiri – Patuk Km 12, Gunung Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Untuk sampai puncak, Anda harus jalan kaki sekitar 15 menit. Dari ketinggian ini, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Merapi di seberang sana.

6. Goa Langse

Goa ini berlokasi di Dusun Girijati, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul. Untuk sampai lokasi goa, Anda harus memanjat tebing dahulu. Jalurnya cukup curam dengan anak tangga yang terjal sepanjang 750 meter. Namun tempat ini cukup sunyi.

7. Bukit Pengilon

Pengilon sendiri berarti cermin, karena memang terdapat batu yang mirip cermin. Lokasinya ada di Tepus, Purwodadi, Balong, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul. Wisatawan biasanya melakukan tracking dan camping di bukit ini. Selain itu, bukit ini memiliki latar pemandangan laut yang indah.

8. Batu Miring

Tempat ini biasanya digunakan untuk menikmati matahari terbit dan berlokasi di Desa Wonokerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, tepatnya di daerah gunung Kukusan. Tempat ini dikelilingi pepohonan hijau, bukit kapur, serta deretan pegunungan, sehingga sangat instagramable dan menakjubkan mata.

Itulah kedelapan rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bernuansa alami. Sebelum mengunjungi salah satu lokasi tersebut, pastikan dahulu bagaimana jalur yang tersedia. Karena kebanyakan hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dan sedikit keringat dengan berjalan kaki.